Bukittingggi "Tourism City"


.

Kota Bukittinggi adalah salah satu daerah tingkat II di propinsi Sumatera Barat. Bukittinggi merupakan salah satu kota bersejarah sebab pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia dan juga merupakan kota wisata di Indonesia. Bukittinggi berhawa sejuk dan dingin, berada pada ketinggian lebih dari 800 m di atas permukaan air laut.
Berikut beberapa tempat-tempat wisata yang ada di bukittinggi

JAM GADANG

Jam gadang merupakan icon wisata Kota Bukittinggi. Jam gadang di bangun pada zaman Belanda.  Salah satu keunikannya adalah angka empat pada jam tersebut dituliskan dengan angka romawi IIII, seharusnya dituliskan IV.

LOBANG JEPANG

 

 

 Lobang Jepang memiliki panjang sekitar 1.400 m (sekarang 725 m karena sebagian ditutup pada tahun 2004), lebar 2 m, tinggi sekitar 3 m. Sementara itu, untuk masuk dan keluar terowongan terdapat 3 pintu utama dan 6 pintu darurat. 3 pintu utama terdapat di Jalan Ngarai Sianok, di dalam Taman Panorama dan di samping Istana Bung Hatta (gedung Triarga). Untuk saat ini hanya satu pintu yang digunakan untuk umum, yaitu pintu yang terdapat di Taman Panorama, sedangkan 2 pintu utama dan 6 pintu darurat ditutup.

NGARAI SIANOK

 

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di jantung kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama provinsi.

 BENTENG FORT DE KOCK




Benteng Fort de Kock didirikan pada tahun 1825 oleh Kapten Bauer di atas Bukit Jirek Negeri, Bukit Tinggi. Hingga saat ini, Benteng Fort de Kock masih menjadi saksi bisu angkuhnya penjajahan Belanda pada saat itu untuk berkuasa atas Minangkabau dan sisa-sisa keangkuhannya masih tersirat dalam bangunan setinggi 20 meter dengan warna cat putih dan hijau ini.

JEMBATAN LIMPAPEH

 
Sebagai penghubung antara Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort De Kock maka terdapat sebuah Jembatan yang bernama Jembatan Limpapeh.

Your Reply